Menu Close

Berita & Acara

10 Contoh Kasus Cyber Crime yang Bisa Menjadi Pelajaran

Contoh Kasus Cyber Crime
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi tidak selalu menjadi hal yang menguntungkan bagi perusahaan. Kasus cyber crime yang menimpa lembaga dan organisasi di Indonesia selalu ada setiap tahunnya. Sebagai pemilik bisnis yang bijak, tentunya Anda perlu belajar dari banyaknya contoh kasus cyber crime yang sudah terjadi di negeri ini.

Contoh Kasus Cyber Crime di Indonesia

Mari kita lihat berbagai kasus cyber crime yang pernah terjadi di Indonesia dalam daftar berikut ini agar Anda bisa memetik pelajaran yang berharga di baliknya!

1. Pencurian Data Bank Syariah Indonesia

Kelompok peretas asal Rusia bernama Lockbit mengklaim bahwa melumpuhkan salah satu server Bank Syariah Indonesia (BSI) pada bulan Mei 2023. Kelumpuhan server tersebut membuat aplikasi mobile banking-nya tidak bisa diakses oleh nasabah. Selain itu, BSI juga kehilangan sebanyak 1,5 TB data, termasuk data pribadi nasabah dan karyawan. Kasus ini dikenal sebagai ransomware karena Lockbit meminta sejumlah uang agar data tersebut dikembalikan jika tidak ingin dijual ke dark web

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Ransomware dengan Tepat

2. Pembobolan Data Kominfo

Pembobolan data milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merupakan salah satu dari serangkaian kasus cyber crime yang terjadi sepanjang tahun 2022. Bjorka, pelaku serangan tersebut, mencuri data registrasi kartu SIM milik Kominfo. Kasus ini terjadi karena adanya kelemahan dalam sistem keamanan server milik Kominfo.

Korban pembobolan data oleh Bjorka umumnya berasal dari perusahaan-perusahaan dalam negeri yang memiliki kelemahan dalam sistem keamanan server mereka.

3. Peretasan Website Kejagung RI

MFW, inisial dari pelaku peretasan website Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) yang terjadi pada tahun 2021 ternyata memiliki alasan yang unik. Remaja yang berasal dari Lahat tersebut mengaku bahwa dia hanya iseng dan ingin mengisi waktu luang dengan meretas website.

Akibatnya, website Kejagung RI memiliki tampilan yang berubah, yaitu logo ‘HACKED’ berwarna merah dan kalimat pemberitahuan yang bernada protes. MFW juga berhasil mencuri 3.086.224 data pribadi dan menjualnya ke suatu forum.

4. Pencurian Data Polri

Kasus pencurian data milik Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terjadi pada bulan November 2021 oleh seorang peretas dengan username Twitter @son1x666. Hacker tersebut mengklaim telah mencuri 28.000 informasi login dan data pribadi. Tidak berhenti sampai di situ, pelaku juga membagikan tiga tautan berisi sampel data yang berasal dari database Polri dan mencakup data pribadi anggotanya.

5. Website DPR RI Berganti Nama

Kejahatan siber juga terjadi karena pelaku ingin melakukan hacktivism. Serangan ini terjadi pada website milik pemerintah atau lembaga kenegaraan agar pesan mereka didengar. Salah satu lembaga negara yang menjadi korban hacktivism adalah Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Website DPR RI mendapatkan serangan Distributed Denial-of-Service (DDoS) yang ditandai dengan melonjaknya traffic sehingga memadati sebuah server. Alhasil, server DPR RI tidak mampu menampung banyaknya permintaan sehingga mengalami kerusakan. Tindakan ini sengaja dilakukan oleh peretas untuk mengubah tampilan website, tepatnya pada bagian header-nya. Server tersebut akhirnya ditutup sementara untuk dilakukan perbaikan. Namun, website DPR RI menjadi lebih lambat meskipun sudah berhasil dipulihkan.

6. Kebocoran Data Pengguna Tokopedia

Perusahaan startup juga pernah menjadi korban kejahatan siber. Tokopedia, contohnya, mengalami musibah ini pada tahun 2020. Sang pelaku yang memiliki nama samaran ShinyHunters membocorkan sebanyak 91.000.000 data pengguna Tokopedia dan 7.000.000 data seller.

Tidak diketahui dengan pasti metode serangan yang dilancarkan ShinyHunters, tetapi para pakar memperkirakan bahwa peretas memanfaatkan kerentanan dalam sistem Cloud milik Tokopedia. ShinyHunters juga diduga melancarkan serangan SQL injection yang dinilai kompleks sehingga terjadi kebocoran data dalam jumlah masif. Informasi tersebut kemudian dijual dengan harga yang fantastis.

Tokopedia tentu tidak tinggal diam. Mereka memastikan bahwa data pengguna tetap aman karena sudah dienkripsi menjadi kode rahasia yang tidak bisa dibaca oleh peretas. Aksi dari pihak Tokopedia ini membuat para peretas untuk mengambil data ilegal dengan upaya lainnya, salah satunya adalah melancarkan serangan phishing melalui email ke pengguna. Lagi-lagi Tokopedia langsung beraksi dengan memberikan imbauan untuk mengganti password secara berkala.

Baca juga: 7 Ciri-Ciri Cyber Crime ketika Menyerang Sistem Anda

7. Website Tempo Down

Bukan hanya lembaga pemerintahan, portal berita milik Tempo Media pun menjadi korban serangan hacktivism. Pada tahun 2020, peretas mengambil alih server DNS Tempo sehingga portal berita tersebut tidak bisa diakses untuk sementara. Terlebih lagi, website Tempo berubah sehingga memiliki tampilan berwarna hitam, memutar lagu ‘Gugur Bunga’, serta menampilkan unggahan berisi permintaan untuk menghentikan penyebaran berita palsu.

8. Peretasan Channel YouTube BNPB

Serangan cyber crime tidak terbatas pada website saja. Akun di platform berbagi video seperti YouTube juga sempat menjadi sasaran serangan cyber crime. Akun YouTube resmi milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sempat menjadi korban serangan cyber crime pada bulan Desember 2021.

Channel YouTube dengan nama ‘BNPB Indonesia’ berubah nama menjadi ‘Ethereum 2.0’. Para peretasnya juga mengadakan siaran langsung di akun YouTube yang sama dengan judul  ‘Ethereum CEO: Ethereum Breakout! Ethereum News, ETH 2.0 RELEASE Date’. Mereka juga menyerang akun YouTube milik Jerome Polin dengan mengganti nama channel menjadi ‘Ethereum’ dan melakukan siaran langsung dengan topik yang sama pula.

9. Kebocoran Data Asuransi BRI Life

Dunia perbankan dan asuransi juga tidak luput dari kasus cyber crime. Contohnya saja perusahaan asuransi BRI Life pada bulan Juli 2021. Peretas berhasil membocorkan sekitar 2.000.000 data nasabah BRI Life dan menjualnya secara online dengan harga sekitar Rp101.600.000. 

Akun Twiter @UnderTheBreach mengklaim bahwa peretas telah mengakses 250GB data BRI Life, termasuk 2 juta data nasabah dalam format file PDF dan 463.000 dokumen lainnya, yang berisi informasi seperti foto KTP, nomor rekening, nomor pajak, akta kelahiran, dan rekam medis. Kebocoran data ini terjadi karena adanya kerentanan dalam sistem elektronik BRI Life yang disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Keamanan Jaringan untuk Website Bisnis

10. Serangan Website Citilink dan Tiket.com

Terakhir, mari kita mengulik kasus cyber crime yang lebih lama. Kasus ini terjadi pada bulan Oktober dan melibatkan dua website pemesanan tiket terbesar di Indonesia, yaitu website Tiket.com dan server Citilink. Sekelompok peretas yang masih berusia remaja berhasil meretas website dan server tersebut dan menimbulkan kerugian hingga Rp4.100.000.000 untuk Tiket.com dan Rp2.000.000.000 untuk Citilink.

Kasus ini baru terungkap setelah Tiket.com melaporkan pencurian website mereka ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri pada tanggal 11 November 2016. Berdasarkan hasil penyelidikan, tindakan yang dilakukan oleh peretas tersebut sebenarnya tidak rumit. Hanya saja keamanan website pada saat itu belum memadai sehingga rawan menjadi korban kejahatan siber.

Cegah Cyber Crime bersama Cloudeka

Berkaca dari contoh kasus cyber crime di atas, Anda kini memahami pentingnya memiliki sistem keamanan yang memadai untuk jaringan komputer. Kejahatan siber juga lebih sering menyasar server website dan aplikasi milik perusahaan maupun lembaga lainnya karena menyimpan data yang bernilai tinggi.

Maka dari itu, tingkatkan keamanan server milik perusahaan Anda dengan memasang Deka Rock dari Cloudeka. DEKA Rock terus berupaya agar server website atau aplikasi Anda tetap terjaga dan berfungsi dengan baik melalui pemantauan yang konsisten. Menggunakan DEKA Rock berarti Anda berupaya mencegah kasus cyber crime pada perusahaan Anda. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai produk keamanan website dari Cloudeka ini!

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.