Menu Close

Berita & Acara

Apa itu Bounce Rate? Fungsi, Cara Melihat & Menurunkannya

bounce rate adalah
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Penting sekali untuk memperhatikan bounce rate sebagai salah satu indikator performa website atau blog Anda. Bounce rate adalah metrik yang berguna untuk mengetahui jumlah pengunjung yang langsung keluar dari website setelah melihat satu halaman. Anda bisa mengidentifikasi terjadinya masalah pada website apabila angka bounce rate-nya cukup tinggi.

Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan bounce rate tersebut? Bagaimana cara menganalisisnya? Langsung simak saja penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Pengertian Bounce Rate

Apa Itu Bounce Rate
Sumber: Seobility Wiki

Bounce rate adalah salah satu metrik website yang mengukur jumlah pengunjung yang meninggalkan website hanya setelah melihat satu halaman (page). Tingkat bouncing yang tinggi menunjukkan bahwa pengunjung tidak menemukan konten yang relevan, menarik, atau tidak memenuhi ekspektasinya. 

Sebaliknya, tingkat bouncing yang rendah menandakan bahwa pengunjung menganggap konten di halaman tersebut bermanfaat sehingga menghabiskan lebih banyak waktu di website tersebut. Umumnya, pemilik website menginginkan bounce rate yang lebih rendah karena menunjukkan bahwa pengunjung memiliki tingkat interaksi dengan website dan menemukan nilai (value) di dalamnya.

Rumus Bounce Rate

Kita telah mengetahui bahwa, bounce rate adalah jumlah persentase pengunjung website yang langsung meninggalkan satu halaman setelah membukanya.

Sehingga rumusnya adalah sebagai berikut.

Bounce Rate = (Jumlah Kunjungan dengan Bounce/Total Kunjungan) × 100%

Di mana:

  • “Jumlah Kunjungan dengan Bounce” adalah jumlah kunjungan di mana pengunjung hanya melihat/membuka satu halaman sebelum meninggalkan situs.
  • “Total Kunjungan” adalah jumlah total kunjungan ke website Anda dalam periode waktu yang sama.

Ilustrasi Bounce Rate

Penjelasan mengenai bounce rate bisa diilustrasikan sebagai berikut. Ketika pengunjung mengunjungi website dan hanya melihat satu halaman sebelum keluar dari website, kondisi ini disebut bouncing. Bounce rate adalah persentase dari semua kunjungan ke website yang menghasilkan bouncing

Contohnya, website Anda menerima 100 pengunjung dalam sehari dan 50 di antaranya langsung keluar setelah mengunjungi satu halaman. Bounce rate website Anda menjadi 50%.

Perlu dipahami bahwa persentase bounce rate dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor, mulai dari kualitas konten website, relevansi halaman dengan search intent pengguna, desain dan layout page website, serta kemudahan navigasi di website. Bounce rate yang tinggi tidak selalu menjadi perhatian dalam beberapa kasus, seperti website yang hanya memiliki satu pages tetapi berisi semua informasi yang dicari pengguna.

Namun, secara umum Anda bisa mengurangi bounce rate dengan memastikan bahwa konten website dibuat agar relevan, menarik, dan mudah ditelusuri oleh pengguna.

Baca juga: Landing Page: Pengertian dan Signifikansinya Pada Website

Fungsi Bounce Rate

Bounce rate dapat menjadi metrik yang berguna untuk memahami performa website dalam mempertahankan pengunjungnya. Selain itu, bounce rate juga bisa memberikan insight mengenai kualitas website, keefektifan desain, navigasi, dan konten sehingga Anda bisa mengidentifikasi beberapa elemen yang memerlukan perbaikan.

Bounce rate bisa membantu Anda untuk mengenali masalah yang mungkin terjadi pada website sehingga pengunjung langsung meninggalkan halaman tersebut. Ada beberapa faktor penyebabnya, seperti waktu loading yang lambat, navigasi website yang membingungkan, atau konten yang tidak relevan. Anda bisa mengidentifikasi potensi masalah yang terjadi dan mengambil langkah untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Bagaimanan Cara Mengurangi Bounce Rate dengan Mudah

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan bounce rate website Anda. Apa saja?

1. Meningkatkan Kecepatan Loading

Waktu loading yang terlalu lama selalu menjadi musuh utama bagi pengunjung website. Mereka langsung pergi meninggalkan website Anda karena harus menunggu browser memuat halaman website sampai selesai. Solusinya, Anda perlu mengurangi waktu loading dengan cara mengoptimasi gambar di website, mengurangi plugin yang tidak diperlukan, dan menggunakan Content Delivery Network (CDN).

2. Memastikan Website Mobile-Friendly

Meningkatnya jumlah pengguna smartphone tentu mengharuskan Anda untuk merancang website yang bersifat mobile-friendly. Apa saja ciri-cirinya? Website tersebut harus mudah dibaca dan ditelusuri dengan perangkat mobile.

Tingkat atau persentase bounce rate pun berkurang apabila Anda membuat website yang nyaman apabila diakses menggunakan smartphone. Sebaliknya, website yang tidak mobile friendly dapat meningkatkan bounce rate karena pengguna smartphone akan mengalami pengalaman yang buruk saat mengakses website.

3. Meningkatkan Desain dan Tata Letak Website

Bisa jadi tingkat bounce rate website Anda juga meningkat karena tata letak dan desain website yang kurang menarik. Oleh karena itu, Anda harus membuat desain website yang menarik dengan menggunakan font dan skema warna yang menarik.

Boleh saja menggunakan desain yang mewakili brand image bisnis Anda, tetapi pastikan desain tersebut nyaman di mata pengguna. Selain itu, Anda pun harus mengatur tata letak (layout) website dengan jelas.

4. Membuat Konten yang Menarik dan Relevan

Pengunjung website mana pun pasti menginginkan konten yang menarik, bermanfaat, dan informatif. Tidak hanya itu, konten tersebut harus relevan pula dengan target audiens dan search intent mereka. Anda bisa menerapkan strategi Search Engine Optimization (SEO) untuk mencari kata kunci yang relevan dengan konten di website.

5. Membuat Website Lebih Mudah Ditelusuri

Website yang mudah ditelusuri akan terlihat lebih menarik bagi pengunjung sehingga bisa memiliki bounce rate yang lebih rendah.

Pastikan website Anda menggunakan struktur navigasi yang jelas dan logis sehingga pengunjung tidak akan kesulitan saat menelusurinya. Sertakan juga kolom pencarian di website untuk membantu pengunjung menemukan konten atau halaman (pages) yang ingin dicari.

Pasalnya, saat website Anda tidak memiliki navigasi yang jelas, pengguna tidak bisa melakukan banyak hal di website sebelum menutupnya atau kembali ke halaman mesin pencari (SERP).

6. Menggunakan Internal Link

Internal link alias tautan internal ke halaman lain dalam satu website bisa mempertahankan pengunjung dalam waktu yang lebih lama. Anda bisa menyertakan internal link dalam konten atau halaman yang relevan dengan link tujuannya. Internal link dapat membantu pengunjung website dalam menemukan lebih banyak konten yang bisa mengurangi bounce rate.

Baca juga: Pahami Apa Itu Hyperlink, Fungsi dan Cara Membuatnya

7. Menggunakan Open in New Tab

Saat pengunjung mengklik link pada suatu halaman, jika halaman baru dibuka dalam tab baru, pengunjung akan tetap berada di tab asli. Hal ini mengurangi kemungkinan mereka meninggalkan website secara keseluruhan.

Mengapa ini dapat membantu menurunkan bounce rate? Ketika pengunjung membuka tautan dalam tab baru, mereka masih memiliki tab asli yang terbuka. Dengan demikian, mereka masih terhubung dengan website Anda dan mungkin melanjutkan menjelajah konten yang ada. Tanpa membuka tautan dalam tab baru, pengunjung mungkin akan meninggalkan website Anda sepenuhnya saat mereka berpindah ke halaman baru.

8. Gunakan Call-to-Action

Call-to-action (CTA) adalah link atau tombol yang mengajak pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau berlangganan newsletter. CTA yang jelas dan menarik dapat mendorong pengunjung untuk berinteraksi lebih lama dengan website Anda sehingga bounce rate pun berkurang.

9. Lakukan A/B Testing Setiap Halaman Website

Ada baiknya Anda melakukan A/B testing terlebih dahulu sebelum website siap dikunjungi. A/B testing menampilkan beberapa versi halaman website yang berbeda kepada pengunjung yang berbeda dan mengukur versi yang memiliki kinerja lebih baik. Lakukan A/B testing pada berbagai elemen website, seperti tata letak, judul, dan CTA sehingga Anda bisa menerapkan perubahan yang dapat mengurangi bounce rate.

Baca juga: Customer Engagement Adalah Elemen Penting dalam Bisnis

Cara Melihat Bounce Rate di Google Analytics

Menariknya, Anda bisa melihat bounce rate website di Google Analytics. Tentu saja Anda perlu memiliki akun Google Analytics terlebih dahulu sebelum mengukur metriknya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengukur bounce rate:

  • Masuk ke akun Google Analytics dan pilih website yang ingin Anda lihat bounce rate-nya.
  • Pada bagian menu sebelah kiri, klik “Audience“, kemudian pilih “Overview“.
  • Muncul dashboard ‘Overview dan Anda akan melihat berbagai metrik, termasuk bounce rate. Bounce rate ditampilkan dalam persentase dan terletak dekat bagian atas dashboard.
  • Jika ingin melihat bounce rate untuk halaman atau grup halaman tertentu, gunakan menu “Site Content” di menu sebelah kiri. Kemudian, klik “All Pages” untuk melihat bounce rate untuk halaman-halaman tertentu, atau klik “Landing Pages” untuk melihat bounce rate untuk grup halaman.
  • Gunakan pula fitur “Secondary Dimension” untuk melihat bounce rate pada segmentasi audiens yang berbeda. Caranya, klik menu dropdownSecondary Dimension” di atas tabel data dan pilih dimensi, seperti “Source/Medium” untuk melihat bounce rate dari sumber traffic yang berbeda.

Beberapa fitur Google Analytics yang disebutkan di atas dapat membantu Anda dalam mengetahui bounce rate website serta menganalisis kinerja pages dan segmentasi audiens yang berbeda. Metrik ini dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi elemen yang perlu ditingkatkan serta memperbaiki website sehingga mampu mempertahankan pengunjung dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Sudahkah Anda memahami pentingnya bounce rate setelah membaca artikel ini? Salah satu cara terbaik untuk mengurangi bounce rate adalah dengan meningkatkan kecepatan loading website. Selain mengoptimalkan tampilan website, Anda pun bisa menggunakan layanan Load Balancer dari Cloudeka agar server website tetap stabil meskipun sedang mengalami lonjakan pengunjung.

Tidak sulit menggunakan Load Balancer karena layanan ini sangat mudah diimplementasikan dalam website bisnis Anda. Langsung hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan unggulan ini. Kurangi angka bounce rate Anda hanya menggunakan layanan Load Balancer dari Cloudeka.

Frequently Asked Question (FAQ)

Berapa Bounce Rate yang Bagus?

Berdasarkan data dari SEMRush, rata-rata bounce rate untuk sebagian besar website berada di kisaran antara 26% hingga 70%. Namun, bounce rate dapat bervariasi secara signifikan.

Industri Anda, sumber lalu lintas, dan landing page dapat memengaruhi bounce rate Anda. Semuanya tergantung pada konteksnya.

Berikut beberapa rata-rata bounce rate untuk berbagai jenis website:

  • Website e-commerce dan ritel: 20% hingga 45%
  • Website B2B: 25% hingga 55%
  • Website untuk Lead generation: 30% hingga 55%
  • Website konten non-e-commerce: 35% hingga 60%
  • Landing pages: 60% hingga 90%
  • Kamus, portal, dan blog: 65% hingga 90%

Namun, perlu diingat bahwa angka-angka tersebut adalah rata-rata dan setiap website memiliki konteksnya sendiri. Penting untuk membandingkan bounce rate website Anda dengan rata-rata industri yang sesuai, serta melacak perubahan dan tren dari waktu ke waktu.

Apakah Pop-Up Dapat MenurunkanBounce Rate?

Penggunaan pop-up pada situs web dapat memiliki efek yang beragam terhadap bounce rate. Pop-up dapat digunakan untuk memengaruhi perilaku pengunjung dan mengurangi bounce rate, tetapi juga dapat menjadi faktor yang menyebabkan pengunjung meninggalkan website Anda dengan cepat.

Jadi, pastikan pop-up muncul dengan konten yang relevan dan menarik bagi pengunjung, misalnya tawaran khusus, konten terkait, atau penawaran eksklusif, maka pengunjung mungkin akan terlibat dan tetap berada di website Anda.

Apa yang Perlu Diperhatikan Selain Bounce Rate?

Ada banyak hal yang jauh lebih peting Anda diperhatikan selain bounce rate. Fokus Anda sebaiknya tidak hanya pada angka bounce rate semata. Lebih baik memusatkan perhatian pada meningkatkan kualitas konten, pengalaman pengguna, dan memastikan pengunjung terlibat dengan website Anda.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.